pembuat template blogger khas indonesia, banner anti korupsi dan tutorial blogZoom by tHomBloG

Tuesday, November 01, 2011

Kendala di Dispendukcapil Kabupaten Malang


Berbagi Informasi Kabupaten Malang

Masyarakat yang mengurus kartu keluarga (KK) di kantor Dinas Kependudukan & Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang harus sabar. Butuh waktu untuk menyelesaikannya. Sebab jumlah pegawai yang khusus mengentry data hanya tujuh orang, sedangkan pegawai yang bertugas mencetak KK hanya tiga orang. Bahkan sebelum dicetak mereka juga harus mengecek ulang data yang sudah dimasukkan ke komputer untuk meminimalisir kesalahan.
Tidak hanya itu. Jumlah perangkat keras (komputer dan printer) untuk mencetak KK juga  terbatas, hanya tiga unit. Padahal, menurut Kepala Dispendukcapil, Purnadi, di Kabupaten Malang ada 800.000 wajib KK. Dari jumlah ini yang sudah terlayani baru sekitar 200.000. Jadi masih ada 600.000 yang belum terlayani wajib KK. Sebab, masih kata Purnadi, setiap hari jumlah pemohon KK mencapai 500 lembar. Sedangkan satu petugas hanya bisa mengentry data antara 50 – 60 KK sehari. “Padahal jumlah petugas yang mengentry data (memasuskan data dari form KK ke dalam komputer)  hanya tujuh orang. Berarti sehari hanya bisa menyelesaikan 350 lembar KK. Dengan demikian masih ada 150 lembar yang belum dikerjakan. Itu pun dengan catatan bila waktu mereka sudah longgar. Sebab, selain bertugas mencetak KK, mereka juga harus mengecek ulang untuk meminimalisir kesalahan. Mantan Asisten Administrasi ini berencana mengajukan tambahan pegawai dan komputer agar pelayanan bisa cepat. “Bayangkan, saat ini masih ada sekitar 600.000 wajib KK yang belum terlayani. Sementara itu, kemarin siang, Purnadi meninjau ke beberapa titik pelayanan KK, Akta Kelahiran di kantornya. Dari pantauannya, ditemukan ada beberapa catatan. “Saya temukan ada warga asal Desa Baturetno, Kecamatan Singosari yang kebingungan mengurus KK. Setelah saya teliti ternyata proses pengurus KK ditolak karena tanggal lahir ada yang keliru. “Kasihan masyarakat datang jauh-jauh ke sini tidak bisa mengurus KK hanya karena tanggalnya keliru.



Pesan Tersirat :

Check

Anda dapat mengirimkan foto/ Artikel tentang daerah anda kirmkan melalui email ke malangkab@mail.com

2 komentar:

Sdah 4 bulan menikah akta pernikahan tidak kunjung diserahkan.

Sudah 4 bulan menikah akta pernikahan tidak kunjung diserahkan padahal sudah dimintain uang Rp.450.000,00
Memang kinerjanya sesuai dengan slogannya.

Post a Comment

Terimakasih komentar yang diberikan

Jadwal SIM Keliling di Malang

Kota Malang

Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : Rumah Makan Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I

Pukul : mulai 08.00 – selesai

Kabupaten Malang

Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen

Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bendungan Karangkates-Lahor

Pukul : mulai 08.00 – 12.00 WIB

Kota Batu

Juni, Minggu keempat Lokasi : Lippo Plaza Batu
Pukul 16.00 – 20.00 WIB

Sumber : Harian Malang Post Catatan: Khusus melayani perpanjangan SIM A dan SIM C dengan membawa KTP asli dan SIM asli serta jika SIM habis masa berlakunya, paling lama satu tahun.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More