Sunday, July 29, 2012

DANA SOSIAL PNPM MPd DI KECAMATAN DONOMULYO


Berbagi Informasi Kabupaten Malang

 Kecamatan donomulyo adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Malang yang terletak di sebelah selatan Kota Malang  ± 48 Km dari kota malang. Kecamatan donomulyo dengan daerah geografis pegunungan, lembah dan perbukitan dan diakhiri oleh pantai laut Selatan (di sebelah selatan).  Sebagian besar penduduknya adalah petani musiman (petani padi, tebu, jagung, kelapa, ketela pohon, kedelai), sebagian diataranya menjadi pegawai Negeri, pedagang dan nelayan.
Di kecamatan Donomulyo terdiri dari 10 desa yaitu ; Desa Tulungrejo, Banjarejo, Kedungsalam, Tlogosari, Tempursari, Mentaraman, Donomulyo, Purworejo, Sumberoto, dan Purwodadi. 
Penduduk di Kecamatan Donomulyo sejumlah 75.588 jiwa atau 18.992 (KK), dan sebesar 7.414 atau 39% (KK) merupakan keluarga miskin.

 Situasi Kemiskinan

Situasi dan kondisi kemiskinan masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Donomulyo seperti diillustrasikan seperti gambar tersebut di atas. Kondisi kemiskinan yang terjadi dapat ditunjukkan dengan beberapa indikator yang telah ditetapkan oleh BPS yaitu ; lantai rumah terbuat dari tanah, jenis dinding terbuat dari bambu, tidak memiliki MCK, penerangan tidak menggunakan listrik, bahan bakar memasak dari kayu bakar, tidak sanggup membayar biaya pengobatan di Puskesmas, penghasil kepala rumah tangga dengan pendapatan di bawah 600.000 per-bulan, dan pendidikan tertinggi sekolah dasar (SD). 


Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) – Mandiri Perdesaan

Pengelolaan Dana Bergulir

Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan di Kecamatan Donomulyo telah berlangsung sejak PPK phase II tahun 2003. Salah satu kegiatan yang utama dalam PNPM – Mandiri perdesaan adalah Simpan pinjam untuk kelompok perempuan (SPP). Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan dan memperkuat ekonomi rumah tangga miskin (RTM) dengan memperluas dan mempermudah bagi rumah tangga miskin dalam mengakses dana simpan pinjam bagi perempuan.
Pengelolaan dana bergulir di Kecamatan Donomulyo yang digulirkan melalui kelompok-kelompok simpan pinjam khusus perempuan (SPP) dan usaha ekonomi produktif dan dikelola oleh unit pengelola kegiatan (UPK) sejak tahun 2003-2008 telah menghasilkan surplus. Dan untuk alokasi dana sosial nilai surplus yang terakumulasi sebesar Rp. 57.305.000. Dari surplus dalam pengelolaan dana bergulir untuk alokasi dana sosial tersebut tersebut sebagian besar dananya sebesar Rp. 48.005.000 telah disalurkan sebagai bantuan untuk rumah tangga miskin.

Dana Sosial bagi Rumah Tangga Miskin (RTM)

Pemberian bantuan bagi rumah tangga miskin (dana sosial) diwujudkan dalam bentuk ; (1) bantuan ternak kambing bergulir, dan (2) bantuan sembako.

Penerima manfaat bantuan ternak kambing bergulir dari rumah tangga miskin sebanyak 10 Desa yang terdiri atas 7 warga Desa Sumberoto, 10 orang warga Tlogosari, 11 orang penduduk Desa Donomulyo, masing masing 4 orang dari Desa Mentaraman, Purwodadi, Kedungsalam, serta 5 orang warga dari Desa Purworejo, Tempursari, Tulungrejo dan Banjarejo sehingga total penerima 60 orang

Selanjutnya, untuk bantuan sembako berupa beras, minyak dan mie instant dialokasikan sebesar Rp. 5.752.500 dan telah disalurkan 60 pemanfaat dari rumah tangga sangat miskin.

Pesan Tersirat :

Check

Anda dapat mengirimkan foto/ Artikel tentang daerah anda kirmkan melalui email ke malangkab@mail.com

Herman H2o adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pemilik & Pengelola H2Omedia.

Terimakasih komentar yang diberikan
EmoticonEmoticon