Friday, January 04, 2013

Manfaat Kacang Hijau


Berbagi Informasi Kabupaten Malang

Pentingnya manfaat Kacang Hijau Bagi Kita Semua!

Kacang hijau merupakan bahan makanan yang disukai oleh masyarakat. Bahkan anak-anak sangat menyukai bubur kacang hijau.

Ada fakta lain yang penting diketahui tentang kacang hijau.Makanan atau minuman yang berbahan dasar kacang hijau cenderung memiliki rasa yang nikmat sehingga disukai banyak orang. Banyak sekali manfaat kacang hijau.

Beberapa Manfaat Kacang Hijau yang Dapat Kita Peroleh
Bahan makanan yang berjenis kacang-kacangan secara umum memiliki kandungan serat yang tinggi dengan kadar lemak yang rendah. Itulah salah satu alasan mengapa kacang hijau sebaiknya dipilih sebagai menu sehari-hari.
Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil
    Kandungan asam folat memiliki peranan penting selama masa kehamilan. Seorang ibu hamil yang rutin mengkonsumsi kacang hijau sejak awal masa kehamilan hingga menyusui akan menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan yang baik unntuk saraf dan otak bayi.

 Kesehatan Jantung
    Kacang hijau yang mengandung lemak tak jenuh berpengaruh baik terhadap kondisi jantung sehingga mencegah berbagai penyakit jantung.
 Mencegah Diabetes
    Kadar glikemik pada kacang hijau rendah sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Cemilan dengan sari kacang hijau ataupun bubur kacang hijau adalah pilihan yang lebih baik dibanding minuman ringan ataupun roti. Sari kacang hijau tidak menambah berat badan dan menyebabkan kelebihan lemak.
 Kesehatan Tulang
    Anak-anak dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan kalsium serta fosfor agar tulang dapat tumbuh dengan sehat dan kuat. Kedua kandungan ini terdapat di dalam kacang hijau dan dapat memperbaiki pembentukan struktur tulang serta mencegah osteoporosis pada usia lanjut.
Mencegah Kanker
    Zat dalam kacang hijau dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain kanker, juga mampu mencegah penyakit beri-beri karena kandungan vitamin B1 dan B2.
Menurunkan Kolesterol
    kandungan serat yang tinggi dan mudah larut. Kacang hijau berpotensi menurunkan tekanan darah dalam tubuh hingga mengoptimalkan fungsi organ-organ tubuh.
Penyerapan Protein
    Kacang hijau mengandung protein yang cukup tinggi. Kandungan protein yang tinggi mampu menyediakan cadangan energi bagi tubuh dan membuat tidak mudah lapar.

manfaat kacang hijau lainnya adalah mengoptimalkan fungsi sistem kerja saraf yang membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi seseorang. Kacang hijau mencegah proses penuaan dini dan melembabkan kulit.

Pesan Tersirat :
Sumber : http://blog,pelapak.com
Check

Anda dapat mengirimkan foto/ Artikel tentang daerah anda kirmkan melalui email ke malangkab@mail.com

Herman H2o adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pemilik & Pengelola H2Omedia.

Terimakasih komentar yang diberikan
EmoticonEmoticon