pembuat template blogger khas indonesia, banner anti korupsi dan tutorial blogZoom by tHomBloG

Thursday, June 27, 2013

Menanam Mangrove & Terumbu Karang rayakan kelulusan


Berbagi Informasi Kabupaten Malang

Menanam mangrove di Kondang Merak (Foto: Hari/Okezone)
Menanam mangrove di Kondang Merak (Foto: Hari/0kezone)
SEBAGIAN besar pelajar di Indonesia bisa dipastikan mengunjungi tempat-tempat wisata untuk merayakan lulusan atau berlibur. Sebagian sekadar berpelesir dan mencari kesenangan, tapi tidak bagi belasan siswa-siswi MTsN 1 Malang, Kota Malang, Jawa Timur.

Sambil berlibur di Pantai Kondang Merak, mereka juga menyempatkan menanam Mangrove dan belajar menanam terumbu karang di taman laut Kondang Merak, Malang, Jawa Timur. Pantai Kondang Merak berada di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, tepatnya berada di sebalah barat Pantai Balekambang.

Ada surga tersembunyi di pantai ini. Selain taman laut dihiasi aneka jenis terumbu karang dan ikan, juga ada aktivitas konservasi yang digarap Sahabat Alam (Salam) yang digawangi Andik Syaifudin dan nelayan setempat.

Belasan siswa-siswi MtsN 1 Malang ini belajar dan berkontribusi langsung terhadap upaya Andik melakukan konservasi mangrove dan terumbu karang di kawasan pesisir Pantai Kondang Merak. Mereka tampak antusias mendengar penjelasan Andik mengenai manfaat mangrove dan terumbu karang bagi ekosistem di pesisir.

Awalnya, belasan pelajar yang baru lulus dari MTsN 1 Malang ini diajak menanam langsung di Kondang atau sungai yang tidak bisa tembus ke laut. Mereka membawa bibit yang telah disiapkan oleh Andik untuk ditanam secara langsung. Meski mencebur ke sungai yang berbatasan langsung dengan laut, mereka tampak senang dan tak menghiraukan pakaiannya basah.

Satu per satu mangrove ditanam atas instruksi Andik di tepi Kondang atau pesisir Pantai Kondang Merak. Usai menanam, mereka menuju tempat pembuatan media penanam terumbu karang yang berada di pinggi kampong para nelayan. Di sini, mereka mendapat penjelasan cara membuat media untuk menanam terumbu karang.

Dengan serius mereka mendengar penjelasan Andik. Tak hanya mendengar, beberapa siswa juga turut mempraktekkan pembuatan media terumbu karang yang dibuat dari bahan semen, styrofoam, dan dicampur pasir. Setelah itu, mereka juga diajak menanam terumbu karang di taman laut yang telah disediakan.

“Kita berharap makin banyak generasi muda yang turut melestarikan terumbu karang dan ekosistem di Kondang Merak,” ujar Andik, akhir pekan ini.

Tak terasa waktu hampir sore hari, siswa-siswi MTsN 1 Malang ini tak lupa bermain air laut sepuasnya di kawasan Kondang Merak untuk merayakan kelulusan mereka. Salah satu siswa berjanji akan kembali ke sini lagi dengan mengajak teman-teman SMA nya nanti guna turut menanam terumbu karang dan mangrove di kawasan pesisir selatan terutama Kondang Merak.

Mereka juga memperoleh pengetahun mengenai manfaat terumbu karang bagi ekosistem di laut seperti ikan. Pasalnya, lebih dari 70 persen ikan di laut hidup di balik terumbu karang. Jika terumbu karang rusak, maka tangkapan ikan bagi nelayan juga akan merosot.

Para nelayan saat ini tidak lagi menangkap ikan dengan media yang dapat merusak terumbu karang. Bahkan, di Pantai Kondang merak juga dibuat taman laut dengan menanam kembali terumbu karang dan membuka wisata snorkeling serta diving untuk melihat kekayaan alam di laut.

Pesan Tersirat :

Check

Anda dapat mengirimkan foto/ Artikel tentang daerah anda kirmkan melalui email ke malangkab@mail.com

1 komentar:

A former Prime Minister, writing: 'The truth is there are lots
of things I won't tolerate, he says. Well, the two heads of state exchanged ceremonial gifts, but Mr
Cameron said he and his wife lost their daughter Jennifer Jane, who died in
2002 at just ten days. Labour's Treasury spokesman, said: 'Today's
announcement fails to mention the issue patients really
care about nurses on hospital wards.

my webpage; cameron is hopeless

Post a Comment

Terimakasih komentar yang diberikan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More