Sunday, September 22, 2013

Pemandian Ken Dedes Singosari


Berbagi Informasi Kabupaten Malang

Pemandian Ken Dedes terletak di Jalan Kendedes, Kelurahan Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Lokasi pemandian ini tidak jauh, hanya sekitar 1 kilometer dari Candi Singosari. Untuk mencapai pemandian tersebut, apabila tidak menggunakan kendaraan sendiri, Anda bisa menggunakan angkutan tradisional dokar, atau bisa juga menggunakan ojek. Pemandian Ken Dedes adalah salah satu wisata  keluarga dengan luas area sekitar 1,5 hektar. Tempatnya cukup luas dan dilengkapi berbagai fasilitas dan sarana yang terletak di lereng gunung. Tidaklah herankan kalau pemandian ini pemandangannya sangat indah, asri dan sejuk. Pemandian ini juga sangat tepat bagi keluarga yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan alam. Saat ini Pemandian Ken Dedes dikelola oleh Primer Koperasi TNI Angkatan Udara (Primkop AU) Abdulrahman Saleh.

Untuk memasukinya Anda cukup membayar tiket masuk untuk dewasa dan anak-anak sebesar Rp. 6000. Pemandian telah dilengkapi dengan tiga kolam renang yang bersih yaitu kolam renang anak, kolam renang sedang dan kolam renang dewasa. Pemandian ini sangat asri dan teduh dengan pepohonan karena terletak di lereng Gunung Arjuno. Sedangkan pasokan airnya berasal dari sumber air yang juga terletak di pemandian tersebut, sehingga airnya masih sangat jernih dan segar. Terdapat juga beberapa tempat permainan, sangat cocok untuk tempat rekreasi terutama anak-anak. Bila ingin mengajari putra putri Anda berenang ada pula jasa instruktur berpengalaman yang bisa membantu. Meski menggunakan nama Ken Dedes, pemandian ini tidak ada kaitannya dengan putri Ken Dedes yang terkenal itu.
Pemandian ini telah dilengkapi beberapa fasilitas yaitu, kereta mini, ayunan anak-anak, persewaan ban, baju renang, panggung hiburan dan lain-lain. Tersedia juga kamar mandi ganti, baik pria maunpun wanita, toilet, dan mushalah serta lahan parkir yang luas. Terdapat pula beberapa kedai yang menyediakan makanan kecil seperti gorengan tahu, pisang goreng, tempe dan lain-lain. Juga tersedia makanan dan minuman, bakso, soto, rawon, pecel, rujak cingur khas malang, es jeruk, soda gembira, dan es degan. Bagi pengunjung yang ingin naik kuda dari jalan raya ke pemandian atau sebaliknya hanya dikenakan tarif Rp. 3000 per orang. Di dekat pemandian Ken Dedes juga terdapat kolam pemancingan yang cukup ramai didatangi pemancing. Setiap hari Sabtu, Minggu dan musim liburan banyak pengunjung yang memanfaatkan liburan untuk berwisata ke Pemandian Ken Dedes ini.
Konon pemandian ini dipercaya sebagai tempat mandi dari putri Ken Dedes yang terkenal kecantikannya itu. Sehingga timbul kepercayaan di masyarakat bila mandi di pemandian ini akan membuat awet muda. Konon pada masa Kerajaan Singhasari terdapat sebuah taman yang indah, yang kemudian terkenal dengan sebutan Taman Boboji. Di situlah tempat Ken Arok dan Ken Dedes pertama kali bertemu yang saat itu masih menjadi permaisuri Tunggul Ametung, Akuwu Tumapel. Dikisahkan bahwa Ken Arok terpesona menyaksikan Ken Dedes saat turun dari kereta kuda. Lebih-lebih saat kain penutup kakinya tersingkap sehingga betisnya kelihatan. Sampai saat ini belum dapat dipastikan di mana letak Taman Boboji karena belum ada sumber yang menjelaskannya. Di atas pemandian Ken Dedes, terdapat sebuah bukit kecil dan tak jauh dari pemandian tersebut terdapat sungai. Namun belum dapat dipastikan apakah itu pemandian Ken Dedes atau hanya keputren tempat tinggal Ken Dedes sebagai seorang putri.
Justru terdapat sebuah pemandian yang tidak jauh dari situ, yaitu di Jalan Candrakirana tempat yang paling diyakini masyarakat setempat sebagai sumber mata air yang digunakan putri Ken Dedes untuk mandi menyucikan diri dan bertapa. Pemandian ini sekarang berada di bawah BPPP (Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala)
Sumber: Dirangkum dari berbagai sumber.

Pesan Tersirat :

Check

Anda dapat mengirimkan foto/ Artikel tentang daerah anda kirmkan melalui email ke malangkab@mail.com

Herman H2o adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pemilik & Pengelola H2Omedia.

Terimakasih komentar yang diberikan
EmoticonEmoticon