Thursday, January 09, 2014

Hati-hati Penipuan On Line


cALEg mALANg rAYa

Perkembangan pertumbuhan pengguna telepon seluler sangat tinggi jauh melebihi pengguna komputer dan buruknya sistem kependudukan di Indonesia yang memungkinkan satu orang memiliki beberapa KTP, mengakibatkan maraknya penipuan yang memanfaatkan sarana digital. Kalau di ranah seluler penipuan yang marak adalah memanfaatkan SMS penipuan pemenang undian palsu, di ranah internet penipuan yang paling marak di Indonesia adalah penipuan yang memanfaatkan online shopping dengan bermunculannya toko-toko online palsu yang mengelabui korbannya dengan iming-iming gadget, baik blackberry, iphone, ipad, kamera ataupun notebook murah dan berbagai produk lainnya yang ditawarkan dengan harga yang lebih murah dari harga standardnya.

Beberapa tips untuk menghindari penipuan online:
  •  Cermati website toko online, apakah situs onlineshop tersebut mempunyai ciri-ciri yang biasa digunakan oleh penipu online

Pada umumnya, para penipu toko online fiktif ini akan mengandalkan beberapa trik yang pada dasarnya ingin menunjukkan bonafiditas palsu supaya calon korbannya tergiur menjadi korban. Dengan mengetahui trik yang umum digunakan oleh penipu online, maka kita dapat meningkatkan kewaspadaan dan setidaknya tidak mudah terjebak 0leh penipu online.

Adapun beberapa trik yang umum dilakukan oleh penipu online adalah sebagai berikut :
  1. Mengandalkan harga sangat murah yang menggiurkan untuk memancing minat calon korbannya.
  2. Menggunakan nama mirip situs yang bonafid dan mendompleng nama-nama toko yang ada di dunia nyata dan sudah terkenal seperti Batam, Batavia, Anugerah, LuckyPalza (plesetan dari Lucky Plaza, pusat perbelanjaan terkenal di Singapura). Beberapa toko online fiktif bahkan mulai memberikan alamat palsu di Roxy mas
  3. Desain situs yang cukup menarik lengkap dengan foto-foto dan katalog produk yang lengkap dan cukup detail. Memiliki Yahoo Messenger contact, Facebook page dan twitter account.
  4. Adanya testimoni palsu seakan-akan banyak sekali pelanggan yang puas atas layanan dan kecepatan layanan. Tidak lupa pujian dan rekomendasi diberikan pada testimoni-testimoni palsu tersebut. Yang cukup menarik, testimoni palsu ini pada umumnya dihubungkan dengan akun Facebook dari pemberi testimoni yang unik.
  5. Logo-logo Tiki JNE dan Kantor pos yang lengkap dengan nomor telepon Tiki JNE dan Pos Indonesia disertai dengan logo-logo bank besar seperti BCA, BNI, Mandiri dan BRI namun tidak pernah menampilkan nomor rekening dan nama pemilik rekening pada situs dan hanya melampirkan nomor telepon seluler yang perlu dihubungi untuk mendapatkan nomor rekening penipu. Bahkan ada beberapa situs yang berani menunjukkan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) yang jika di teliti sebenarnya TDP tersebut palsu karena telah dipermak / dirubah secara digital.
  6. Penipu online tidak akan menerima pembayaran transaksi jual beli lewat rekening bersama (rekber)
  7. Untuk mengurangi tindakan penipuan online, Beberapa situs toko online dan forum jual beli telah menerapkan rekber sebagai media perantara pembayaran antara penjual dan pembeli.  Komunitas Kaskus juga yang mempopulerkan transaksi jual beli dengan melibatkan pihak ke tiga dengan rekber (rekening bersama) dimana karena pembeli dan penjual sama-sama tidak saling mengenal, guna menghindari kerugian baik dari pembeli maupun penjual maka setiap kali transaksi pembayaran di transferkan dahulu ke rekening pihak ke tiga dan pihak ini yang akan memantau transaksi dan melindungi pembeli dan penjual dari tindakan penipuan. Namun hal ini pun masih tetap tidak mampu melindungi para membernya, khususnya yang masih awam (newbie) dari aktivitas penipuan karena penipu yang dibanned langsung membuat member baru lagi dan melakukan aksi tipu-tipunya lagi setiap kali akunnya di blok. Pada umumnya aktivitas penipuan dilakukan dengan mewajibkan pembeli mengirimkan uang muka / DP terlebih dahulu dan menghindari penggunaan rekber.

B. Gunakan search engine google untuk mencari informasi mengenai website, informasi  pemilik website, informasi testimoni pelanggan,  dan informasi lainnya dll

Dengan menggunakan mesin pencari seperti goggle anda cukup mengetikkan kata kunci : “namawebsite penipu”, atau namawebsite scam, maka informasi penipuan dari website tersebut dapat ditelusuri.

C. Jika masih ragu akan kredibillitas website toko online, untuk pembelian pertama sebaiknya dalam nominal yang tidak terlalu tinggi sehingga jika pemilik website toko online tidak mengirimkan pesanan maka anda tidak mengalami kerugin yang besar.

D.  Minta bantuan rekan atau kerabat yang berada di kota yang sama dengan lokasi toko online untuk mengecek keberadaan pemilik toko online

E.  dll.

Sekedar tambahan beberapa referensi mengenai penipuan online dapat anda lihat disitus vaksin.com atau klik disini penipuan online

Berdasarkan informasi dari Vaksincom ada 34 situs yang terdentifikasi sebagai toko online palsu antara lain:
1.http://allsalam-elektronik.hourb.com/
2.http://andika77shop.blogspot.com/
3.http://anitaphoneshop.com/ (lihat gambar 2)
4.http://anugerahelektronik.com/page/10/
5.http://aulaelectroshop.com
6.http://batamzentralelektronik.com/
7.http://batarashoping.com/
8.http://graha-shop.com/page/11/
9.http://hidayahonlineshop.com/toko/
10.http://lestarionlineshop.com/page/6/
11.http://nagoyaonlinestore.com/
12.http://panbilelektronika.com/
13.http://tokobagusphone.com/ (lihat gambar 3)
14.http://tribunjayaelektronikshop.com/page/9/
15.http://www.batamshopping.us/toko/
16.http://www.batavia-elektronik.com/toko/
17.http://www.britama86.com/toko/
18.http://www.garudaplazashop.com/toko/iphone
19.http://www.gebyarprima.com/contact-form.php
20.http://www.indoceluler.com/ (lihat gambar 5)
21.http://www.kaulaelektronik.com/toko/
22.http://www.kotawisataelektronik.com/
23.http://www.lautancentralelektronik.com/toko/
24.http://www.luckypalza.com/toko/
25.http://www.media-elektronik.com/toko/
26.http://www.nagoyamallshopping.com/toko/
27.http://www.platinumelectronicshop.com/toko/iphone
28.http://www.pon-cell.com/toko/
29.http://www.riankzentraelektronik.com/
30.http://www.setiaelektronik.com/toko/
31.http://www.surgaelektronik.com/toko/
32.http://www.wahana-elektronik.com/toko/
33.http://www.wahanaonlineshop.com/toko/
34.http://www.zeroelektronika.com/toko/







PENTING dan PERLU (mestimoco.com)
Sumber : http://www.mestimoco.com/2014/01/tips-menghindari-penipuan-online.html

Herman H2o adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pemilik & Pengelola H2Omedia.

1 komentar so far


BURUAN GABUNG DI POKER ONLINE INDONESIA TERPERCAYA KAMI GAN
KINI HADIR PROMO BONUS YANG SANGAT MEMUASKAN ANDA PARA PEMAIN POKER ONLINE
BONUS 100% MENANTI ANDA MINIMAL DEPOSIT 100RB BONUS 100RB BERLAKU HINGGA 1JUTA
Royalflush99 situs judi poker online texas holdem uang asli rupiah
http://idrjudi.blogspot.com/2015/05/real-madrid-tidak-khawatir-timnya-gagal.html
http://www.royalflush99.net/rf99/index.php
https://www.youtube.com/channel/UCAneJSj6VrtkyUcQgCdKsPw
KINI HADIR DENGAN MEGA JACKPOT YANG LUAR BIASA
SILAKAN BERGABUNG DAN MENAGKAN JACKPOTNYA SETIAP HARI GAN
DAN NIKMATI BONUS-BONUS LAINNYA GAN
UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT SILAKAN HUBUNGI LIVECHAT KAMI

Terimakasih komentar yang diberikan
EmoticonEmoticon