pembuat template blogger khas indonesia, banner anti korupsi dan tutorial blogZoom by tHomBloG

Tuesday, August 05, 2014

'AS menebarkan jala di seluruh Asia'


mALANg rAYa

"Poros ke Asia" Presiden Obama sebagian besar retoris samping kenaikan alam China, tapi risiko adalah bahwa AS akan terjerat dalam konflik militer dengan sekutu politik oportunistik, sejarawan Australia Geoffrey Gunn mengatakan pada RT.com

Hal ini sudah terjadi dengan dukungan AS untuk klaim Jepang atas Senkaku / Diaoyu Islands yang disengketakan dan dalam mendukung posisi pemerintah Abe pada "kolektif membela diri" kata Gunn dalam diskusi di Jepang. Dia adalah Profesor Emeritus di Nagasaki University dan seorang sejarawan terkemuka Australia.

Andre Vltchek: Setelah kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Asia, apa yang benar-benar berubah, dan apa yang Barat capai?

Geoffrey Gunn: Presiden Amerika Serikat itu terasa absen dari KTT di Bali, Indonesia, tahun lalu. Tampaknya bahwa "poros AS untuk Asia" kehilangan fokus, menjadi kabur. Cukup, Obama harus menunjukkan wajahnya. Kali ini dia memilih konstelasi yang berbeda dari negara. Dia mengunjungi Jepang. Kita tahu bahwa ia menolak untuk tinggal di Wisma resmi, memilih sebuah hotel pribadi, sehingga menempatkan sedikit jarak antara dirinya dan Perdana Menteri Abe. Kemudian ia pergi ke Korea Selatan, sekali lagi menegaskan kembali aliansi, dan komitmen AS untuk memegang benteng. Dan kemudian, mengejutkan, kunjungan ke Malaysia, sebuah negara yang tidak ada Presiden AS telah mengunjungi selama beberapa dekade. Tampaknya untuk membuat sedikit akal, kecuali bahwa AS mengusir bersih sekitar, mungkin, untuk sebuah pangkalan angkatan laut, atau lebih tepatnya hak dasar untuk kapal perang AS, mungkin menegaskan kembali solidaritas dengan apa yang disebut 'negara Muslim moderat'. Tapi sekali lagi, dia tidak kembali Indonesia, yang merupakan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan Washington terbaik, dan teman yang paling setia. Manila cocok ke dalam persamaan, juga, karena di sini, AS berusaha untuk menegosiasikan hak dasar; harfiah untuk menegosiasikan keputusan Senat untuk mengusir pangkalan AS, pada awal dan pertengahan 1980-an. Satu dapat melihat pola dalam kunjungan ini dengan Obama, pada dasarnya, dengan "gajah di ruang", tentu saja, menjadi Cina. Dengan Obama mungkin melihat ke depan untuk firming-up aliansi strategis dengan Jepang, membawa Singapura, membawa Malaysia, membawa Korea Selatan, dan bahkan sekarang membawa di Vietnam.

AV: Anda menyebutkan Indonesia, yang baru-baru ini pergi melalui pemilihan bergolak. Hasil masih sedang diperdebatkan. Apa peran AS bermain dalam proses?

GG: Pertanyaannya adalah; apa yang lakukan, tepat saat pemilihan tersebut Amerika Serikat, di Jakarta? Apa yang ia lakukan, dalam mereka 300 kamar mereka memiliki di dalam kedutaan - CIA, Pentagon, para ekonom? Ada kepentingan besar yang dipertaruhkan di sana, sekarang! Apa protagonis akan cocok terbaik ke kepentingan mereka? Apakah Washington mendukung elit militer lama dating kembali ke Suharto, atau populis yang tidak diketahui? Yang kita tahu adalah bahwa Washington dan Canberra mencabut pembatasan visa pada Prabowo. Mereka siap untuk Kepresidenan, dalam hal itu akan terjadi. Kita semua tahu seberapa dekat dia terkait dengan AS, melalui Kopassus.

AV: Bukankah China merasa frustrasi, mengingat situasi? Ada keras, permusuhan vokal ke arah itu dalam retorika AS, dan terutama jika Anda mendengarkan serangan verbal yang berasal dari Tokyo, atau dari Manila.

GG: Yah, faktanya adalah bahwa China marah pada pengepungan ini. China adalah marah bahwa Washington mendukung Jepang, bahwa Washington siap mendukung kebijakan non-negosiasi Jepang atas Senkaku / Diaoyu Islands. Jadi kita melihat, dalam situasi ini, China jelas marah, dan Jepang yang mengambil posisi pada dasarnya agresif dalam kaitannya dengan apa yang disebut integritas teritorial. Jadi Pacific Asia semakin menjadi lebih agresif, lebih rawan konflik Asia Timur.




PENTING dan PERLU (mestimoco.com)
Sumber : http://rt.com/op-edge/177800-us-casting-net-around-asia/

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih komentar yang diberikan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More