Thursday, April 23, 2015

Hari Buku Sedunia


mALANg rAYa


Selamat Hari Buku Sedunia, mungkin masih banyak yang tidak tau bahwa 23 April merupakan tanggal simbolik untuk dunia sastra ini. Hari Buku Internasional atau World Book Day adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh UNESCO untuk mempromosikan membaca, penerbitan dan hak cipta. UNESCO memilih tanggal ini guna mendorong kepada setiap orang untuk menemukan kesenangan dalam membaca, khususnya kaum muda. Hari peringatan ini juga turut memberikan apresiasi kepada pengarang-pengarang besar yang telah memberikan kontribusi terhadap kemajuan sosial dan kultural umat.

Konsep yang dipelopori UNESCO ini ternyata memang tidak seheboh Hari Kasih Sayang, Hari Buruh Sedunia, Hari Ibu ataupun hari-hari besar internasional yang lain. Lepas dari itu, tidak sedikit juga wilayah di Indonesia yang masih menyisihkan partisipasinya untuk memperingati Hari Buku Sedunia. Berikut ini adalah beberapa daerah yang menggelar acara dalam rangka World Book Day, Senin ini (23/04):

1. Pemerintah kota Surabaya mengadakan kegiatan di Taman Flora Bratang, Surabaya berupa konferensi taman bacaan masyarakat (TBM), pameran buku perpustakaan, pameran foto, pemutaran film dari Badan Arsip dan Perpustakaan Surabaya, bazar buku dan mobil baca keliling pada 23-24 April 2012. Sekitar 30.000 buku disediakan di sejumlah titik di taman seluas 2,4 hektare, diadakan juga lomba mendongeng tingkat SD dan umum. Disini, masyarakat dapat membaca, meminjam, atau bahkan membeli buku di bazaar dengan harga diskon.

2. BEM FE UBB [Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung] menyelenggarakan program Gerakan Galang Buku Anak Bangsa di Alun - alun Taman Merdeka pada hari Minggu, 22 April 2012, acara ini turut mengundang anak-anak panti asuhan . Gerakan Galang Buku Anak Bangsa akan dimulai dengan pengumpulan /penggalangan buku bacaan untuk anak berupa ensiklopedia, rangkuman pengetahuan, buku cerita motivasi, cerita rakyat, cerita tokoh dunia, sejarah dan lain – lain, baik yang baru maupun yang lama asal masih layak dipergunakan.

3.      Dalam rangka World Book Day, Komunitas Padang Membaca membaur bersama warga Kompleks Bungo Mas Tahap III RT 03 RW 07 Kelurahan Koto Panjang Ikua Koto (KPIK), Kecamatan Kototangah, Padang. Mereka bergotong royong membenahi pustaka atau taman bacaan di Taman Bacaan Suka Maju Sejahtera (TBM SMS) hari Minggu (22/04). Sementara Senin (23/4), di Taman Budaya Sumbar, Komunitas Padang Membaca juga mengumpulkan buku bacaan untuk anak-anak dan remaja, dari masyarakat  dalam bentuk buku langsung atau dana untuk pembelian buku tersebut. Wakaf buku dan pengumpulan donasi tersebut.

4.      Pusat Perpustakaan IAIN Surakarta menyelenggarakan berbagai macam kegiatan dalam tajuk Library Event 2012 dengan mengusung tema: Menuju Masyarakat Literat Yang Religius, Cerdas, Maju dan Mandiri.  Pada kegiatan tersebut diadakan beberapa jenis lomba, yaitu: Lomba Pidato Bahasa Arab dan Inggris tingkat SLTA (SMA, MA, SMK). Peserta adalah siswa siswi SLTA dan Lomba Penulisan Karya Ilmiah untuk pengelola perpustakaan sekolah.

Kegiatan-kegiatan yang disalurkan dalam memperingati Hari Buku Sedunia ini diharapkan menjadi inspirasi bagi banyak orang dan dapat memboomingkan buku kembali setelah keberadaannya tenggelam oleh akses dunia internet.




PENTING dan PERLU (mestimoco.com)
Sumber : http://tourismnews.co.id

Herman H2o adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pemilik & Pengelola H2Omedia.

Terimakasih komentar yang diberikan
EmoticonEmoticon