pembuat template blogger khas indonesia, banner anti korupsi dan tutorial blogZoom by tHomBloG

Tuesday, December 19, 2017

Apa yang perlu Anda ketahui tentang perselisihan seputar Yerusalem (3)


mALANg rAYa
3
Apa inti sengketa di sekitar Yerusalem?

Di kota ini ada tempat suci, penting bagi orang Kristen dan Muslim, juga untuk orang Yahudi. Pada periode antara perang dunia, yang disebut Mandat Inggris di Palestina beroperasi di atas wilayah di mana Israel sekarang. Pada awal abad XX, sekitar 100.000 orang Yahudi pindah ke wilayah Palestina dari Eropa Timur, Afrika Utara, Amerika Serikat dan wilayah lain di dunia, yang mulai secara aktif mengembangkan pertanian di wilayah baru. Mandat Inggris menyiratkan bahwa "rumah nasional untuk orang-orang Yahudi" akan dibuat di wilayah ini di masa depan. Namun, migrasi orang Yahudi yang aktif menyebabkan ketidakpuasan di antara orang-orang Arab setempat, yang menyebabkan seluruh kerusuhan. Pada saat bersamaan, pertahanan diri paramiliter Yahudi pertama dibentuk.
Karena  kerusuhan, Inggris, bagaimanapun, pada  suatu  waktu membatasi migrasi orang-orang Yahudi, dan bagian dari wilayah di mana penciptaan negara Yahudi dimaksudkan diserahkan di bawah pembentukan Transjordan (Yordania modern). Kemudian, migrasi dilanjutkan. Sebelum Perang Dunia Kedua, Yerusalem didominasi oleh orang Yahudi.
Pada tahun 1947, ketegangan di wilayah tersebut telah meningkat dan London telah meninggalkan mandatnya, dengan mengakui bahwa ia tidak dapat menemukan solusi untuk penciptaan negara-negara Yahudi dan Arab di wilayah yang ditentukan.
Pada bulan November 1947, Majelis Umum PBB mengadopsi Resolusi No. 181, yang menyiratkan pengalihan Yerusalem di bawah kendali internasional. Dengan demikian, Yerusalem tidak dapat diakui sebagai ibukota dari setiap formasi negara.
Itulah sebabnya sebelum penyelesaian status Yerusalem, negara-negara di dunia lebih memilih untuk memiliki misi diplomatik mereka di kota lain - Tel Aviv, yang di Israel dianggap sebagai ibukota bisnis.
Israel mengumumkan pembentukannya pada tanggal 14 Mei 1948. Keesokan harinya, segera lima negara Arab - Suriah, Mesir, Lebanon, Irak dan Transjordan - mengumumkan sebuah perang tetangga baru, sehingga melepaskan konflik Arab-Israel yang pertama .
Status Yerusalem adalah salah satu poin utama yang harus diselesaikan untuk penyelesaian konflik Arab-Israel . Sebagai hasil dari perang pertama, Yerusalem dibagi menjadi dua bagian, namun pada tahun 1967, setelah konflik lain, Israel menguasai Yerusalem Timur.
Pada tahun 1980, Israel mengumumkan Yerusalem sebagai ibukotanya, setelah mana Dewan Keamanan PBB mengadopsi resolusi No. 478, di mana ia mengecam Israel dan dituduh telah melanggar hukum internasional.





PENTING dan PERLU (kabmalang.com)
Sumber :

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih komentar yang diberikan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More