Tuesday, December 05, 2017

Kecepatan Roket Produk POLTEKAD ungguli Rusia


Ir. Nur Rahman
mALANg rAYa Kebanggaan Tentara nasional Indonesia (TNI), Salah satu anggotanya menemukan propelan (bahan kimia) roket yang berasal dari batok kelapa Penemuan propelan roket berbahan dasar batok kelapa ini merupakan yang pertama di Indonesia, dan ke dua setelah Rusia

Kepala Jurusan Telekomunikasi Poltekad (POLiTEKnik Angkatan Darat) Letkol Arh Ir. Nur Rahman melakukan riset dan berhasil menemukan Propelan Roket Nano Carbon Batok Kelapa Morphology Symetris (NCBKMS)

Apa itu propelan?, propelan adalah bahan yang dapat memicu gerak, umumnya meledak dengan daya yang tinggi.

Penemuan NCBKMS berasal dari observasi dan penelitian yang dilakukannya, dari situ diketahui ternyata batok kelapa mengandung impuls spesifik atau gaya dorong yang cepat ketika dipadukan dalam bahan roket.

Pembuatannya dengan meleburkan batok kelapa selama seminggu, cara meleburnya dengan menggiling hingga menjadi serbuk, kemudian bubuk tersebut dicampur zat kimia alat peledak roket.

Menurut Rahman, salah satu kelebihan NCBKMS impuls spesifik roket meningkat 10%, gaya dorong (Trush) meningkat 20% lebih besar apabila tanpa NCBSKMS, selain itu menambah lama terbang (burning time) 15% lebih lama dan setara dengan impuls spesifik roket Rusia.

Keunggulan lainnya homogenitas pembakaran tetap terjaga. Selain itu kwalitas bahan mengurangi asap pembakaran roket, tidak beracun (ramah lingkungan) dan mudah diperoleh bahannya di dalam negeri. 

Peengujuan propelan roket dilakukan bersama PT Pinndad Turen Kabupaten Malang, Hasilnya sangat dasyat, kini tinggal mengurus  hak paten, 

Yang membanggakan merupakan penemuan propelan yang pertama di Indonesia, dan ke dua setelah Rusia



PENTING dan PERLU (kabmalang.com)
Sumber : Radarmlg 5/12/2017

Herman H2o adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pemilik & Pengelola H2Omedia.

Terimakasih komentar yang diberikan
EmoticonEmoticon