BREAKING NEWS
Loading...

Berita

Kabupaten

Malang Raya

Info

Nasional

Artikel

Internasional

Motivasi


Ir. Nur Rahman
mALANg rAYa Kebanggaan Tentara nasional Indonesia (TNI), Salah satu anggotanya menemukan propelan (bahan kimia) roket yang berasal dari batok kelapa Penemuan propelan roket berbahan dasar batok kelapa ini merupakan yang pertama di Indonesia, dan ke dua setelah Rusia

Kepala Jurusan Telekomunikasi Poltekad (POLiTEKnik Angkatan Darat) Letkol Arh Ir. Nur Rahman melakukan riset dan berhasil menemukan Propelan Roket Nano Carbon Batok Kelapa Morphology Symetris (NCBKMS)

Apa itu propelan?, propelan adalah bahan yang dapat memicu gerak, umumnya meledak dengan daya yang tinggi.

Penemuan NCBKMS berasal dari observasi dan penelitian yang dilakukannya, dari situ diketahui ternyata batok kelapa mengandung impuls spesifik atau gaya dorong yang cepat ketika dipadukan dalam bahan roket.

Pembuatannya dengan meleburkan batok kelapa selama seminggu, cara meleburnya dengan menggiling hingga menjadi serbuk, kemudian bubuk tersebut dicampur zat kimia alat peledak roket.

Menurut Rahman, salah satu kelebihan NCBKMS impuls spesifik roket meningkat 10%, gaya dorong (Trush) meningkat 20% lebih besar apabila tanpa NCBSKMS, selain itu menambah lama terbang (burning time) 15% lebih lama dan setara dengan impuls spesifik roket Rusia.

Keunggulan lainnya homogenitas pembakaran tetap terjaga. Selain itu kwalitas bahan mengurangi asap pembakaran roket, tidak beracun (ramah lingkungan) dan mudah diperoleh bahannya di dalam negeri. 

Peengujuan propelan roket dilakukan bersama PT Pinndad Turen Kabupaten Malang, Hasilnya sangat dasyat, kini tinggal mengurus  hak paten, 

Yang membanggakan merupakan penemuan propelan yang pertama di Indonesia, dan ke dua setelah Rusia



PENTING dan PERLU (kabmalang.com)
Sumber : Radarmlg 5/12/2017

Saatnya Berbagi :
Share on WhatsApp
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:

Terimakasih komentar yang diberikan


Top
Submit Express Local SEO