Wednesday, June 19, 2013

Kecamatan Bantur (Mitos)


Berbagi Informasi Kabupaten Malang

Kecamatan Bantur

   kecamatan Bantur diawali sekitar tahun 1830-an. Saat itu masih hutan belantara, tokoh yang membuka hutan dikenal dengan nama Kyai Radiman, Seorang tokoh masyarakat yang mengawali bedah krawang babat hutan bantur, seorang muslim yang taat sekaligus seorang tentara Pangeran Diponegoro yang bersembunyi dari kejaran kompeni setelah Pangeran Diponegoro tertangkap karena dipancing dari persembunyian oleh Kompeni dengan cara di ajak berunding.
   Kecamatan Bantur terletak di sebelah selatan Kabupaten Malang kurang lebih dari 30km. Menurut cerita,
       Makam Kyai Radiman hingga sekarang masih ada di Jl. Kyai Radiman. Daerah itu masuk dalam wilayah Bantur Tengah. Biasanya pada tiap malam jumat legi di makam beliau banyak yang berziarah, baik dari masyarakat Bantur dan masyarakat luar kecamatan Bantur.
       Menurut riwayat  Kyai Radiman tewas dibunuh atas perintah kompeni dengan cara halus yaitu diadakan acara makan-makan, pihak belanda mengiris semangka dengan sebilah pisau yang diolesi racun mematikan di satu sisi dari pisau. Kyai Radiman tidak curiga atas beracunnya semangka karena semangka di belah didepan mata, padahal pisau pembelah diolesi racun. Semangka yang bersentuhan dengan sisi pisau beracun dihidangkan untuk kyai Radiman, sementara yang bersih dari racun dihidangkan ke pihak lingkaran para Belanda.

Sedangkan nama desa Bantur sendiri berasal dari nama putra kyai Radiman namanya Banturono (Mbah Bantur).
Sampai sekarang peningalan mbah Bantur yang masih ada di antaranya, sebuah kayu jati yang berlubang di tengahnya, dan berlokasi di desa gowok (josari) di tengah pertiga-an antara bantur-  gondanglegi dan jalan ke sepanjang.
    
            Saat ini kecamatan Bantur meliputi beberapa desa antara lain, wonolopo, rejoyoso, karangsari,  untuk wilayah bantur utara. Wilayah barat dan selatan meliputi, bandungrejo, sumber bening, bledokan, , di sebelah barat dan selatan terdapat pantai wisata yang sangat di terkanal (balekambang, kondang merak, dll) di wilayah ini juga terdapat markas Tentara Angkatan Laut (Purboyo) yang tidak kalah terkenalnya dengan markas-markas Tentara di Indonesia.


Pesan Tersirat :
Sumber : Sholeh*alkhoirot.net/

Check

Anda dapat mengirimkan foto/ Artikel tentang daerah anda kirmkan melalui email ke malangkab@mail.com

Herman H2o adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pemilik & Pengelola H2Omedia.

Terimakasih komentar yang diberikan
EmoticonEmoticon