Monday, October 03, 2011

Pemandian Sumberringin Tumpang




Berbagi Informasi Kabupaten Malang


Banyak keindahan tersembunyi di Kabupaten Malang. Walau kadang tak terawat dan dibiarkan apa adanya, namun siapapun akan sepakat bahwa pesona alamnya sungguh luar biasa. Pemandian wisata Sumberringin. Lokasinya berada di Desa Wringinsongo Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Bagaikan perawan yang tak tersentuh, eksotisme tempat ini membuat siapapun berandai-andai. Andai saja sang perawan didandani…Lokasinya berada di Desa Wringinsongo Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Jika melewati Desa Malangsuko, Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang, tak ada salahnya jika mampir ke tempat wisata ini. Hanya sebuah papan nama usang yang tertempel di tembok rumah warga saja yang jadi penunjuknya. Dari jalan raya, dibutuhkan waktu kurang lebih 10 menit saja untuk mencapai lokasi pemandian ini. Jika ingin lebih menikmati pemandangan alam di sepanjang jalannya, pengunjung bisa menyewa delman yang banyak melewati jalan ini. Karena di kanan kiri ada banyak tanaman kebun yang menghijau. Letak pemandian berada di bawah tebing. Sebuah beringin yang amat besar menyambut pengunjung yang datang. Beringin ini luar biasa besarnya. Diameternya 5 meter dan tingginya sekitar 20 meter. Karena itupula pemandian ini dinamakan Sumberringin.

Kolam renang ini sebenarnya memiliki air yang jernih. Karena air itu berasal dari sumber yang terus menerus mengeluarkan air. Tapi karena dasar kolam nampak kotor dan tidak dikeramik, sehingga air nya nampak kotor.

Karena selalu ada petugas yang siaga di sana. Walau jumlahnya tak banyak. Rata-rata di hari Sabtu dan Minggu penghasilan dari pemandian yang dikelola warga desa ini mencapai Rp 500.000 hingga Rp 750.000. Untuk yang ingin menyewa, harganya Rp 200.000. Di lereng yang lebih turun lagi, pengelola wisata ini menjadikannya lokasi kuliner. Ada beberapa warung berderet panjang di sana. Hanya saja kemarin nampak kosong tak ada penjual karena mereka hanya berjualan di hari Sabtu dan Minggu. Di samping deretan warung itu, ada panggung besar yang nampak sebagai panggung pertunjukan. Di situ biasanya didatangkan hiburan orkestra dan lainnya. Biasanya di hari-hari besar seperti lebaran selalu ada acara yang ditampilkan di sana.


Pesan Tersirat :

Check

Anda dapat mengirimkan foto/ Artikel tentang daerah anda kirmkan melalui email ke malangkab@mail.com

Herman H2o adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pemilik & Pengelola H2Omedia.

Terimakasih komentar yang diberikan
EmoticonEmoticon