Thursday, March 15, 2018

Panggilan Tidak Terjawab Dari Kode Telepon +375 dan +371


mALANg rAYa


Isi Klaim (2 Versi):
Versi 1

"MPORTANT - missed calls

    People have been receiving calls from +375602605281, +37127913091 or any number starting with a +375, or +371 number.

    One ring and they hang up, leaving a missed call message. . If you call back it's one of those numbers that are charged $15-$30 & they can copy your contact list in 3 sec. If you have bank or credit card details on your phone, they can copy that too. +375 is from Belarus and Afghanistan.. 371 is code for Latvia...

    Don't answer or call back.

    Please FORWARD AND SHARE this to your friends and family."


Versi 2

     "Info : PERAMPOKAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI.

    Sebarkan ke sesama teman & keluarga.
    HARUS DISEBAR SECEPAT MUNGKIN.
    Kalau kita menerima telpo dari nomor2 berikut: +375602605281 +37127913091 atau Dari nomor2 yang diawali dengan +375, +371. Satu dering dan tutup telpon. Apabila Anda menelpon balik, Anda akan dikenakan tarif 15-30$ & Mereka dapat meng-copy contact list Anda dalam 3 detik. Dan Apabila Anda memiliki rekening Bank atau Status info kartu kredit Anda, mereka dapat meng-copy info tersebut juga... +375 berasal dari BELARUS, Afganistan... +371 berasal dari LATVIA... Jangan dijawab atau Menelpon balik.

    Informasi penting lainnya, Jangan tekan #90 atau #09. Mereka dapat meng-akses kartu SIM Anda, dan menelpon atas biaya Anda.

    Silahkan dishare atau teruskan segera... Sebelum keluarga, saudara, teman, tetangga kita kena."

Hoax atau Fakta :

Mix antara Fakta dan Hoax, deskripsi tidak akurat.

Analisis :

Pesan yang beredar melalui SMS, media sosial dan email memperingatkan Anda untuk tidak melakukan panggilan kembali dari nomor yang dimulai dengan angka 375 atau 371 atau menjawab panggilan tersebut, karena Anda akan dikenakan biaya antara $ 15 dan $ 30 untuk setiap kembali panggilan. Disebutkan juga bahwa daftar kontak Anda serta informasi keuangan akan langsung dicuri dari telepon Anda.



Ada unsur kebenaran dalam peringatan ini, tetapi informasi yang dikandungnya adalah sangat menyesatkan dan tidak akurat. Laporan menunjukkan bahwa banyak orang telah tertangkap oleh sebab melakukan tindakan aksi penipuan, di mana mereka (korbannya) dikenakan biaya panggilan internasional untuk kembali melakukan panggilan kepada panggilan tak terjawab dari nomor telepon 375 atau 371. Namun, biaya ini dilaporkan jauh lebih sedikit dari $ 15. Selain itu, klaim bahwa hanya memanggil kembali (telepon balik) dapat mengakibatkan data pribadi yang langsung dicuri dari telepon pengguna adalah omong kosong. Hal ini tidak mungkin untuk informasi yang akan dicuri dari telepon dengan cara yang dijelaskan, karena pencurian data tidak seperti itu, meski dalam dunia hacking dan cracking ada yang seperti itu, namun menggunakan berbagai metode yang rumit.

Kesimpulan :

Pesan yang telah beredar luas melalui SMS, email dan media sosial dalam beberapa bulan terakhir, memperingatkan pengguna untuk tidak menelepon panggilan tak terjawab dari nomor kembali dimulai dengan 375 dan 371 juga beredar di wilayah Asia. Menurut pesan tersebut, orang-orang yang menelepon kembali nomor tersebut akan menerima biaya langsung sebesar $ 15 sampai $ 30. Selain itu, klaim pesan, memanggil kembali salah satu nomor akan memungkinkan scammers untuk langsung menyalin daftar kontak dari telepon pemanggil dan juga mencuri bank atau kartu kredit informasi yang tersimpan di telepon.

Meski pun peringatan tersebut mengandung unsur kebenaran, namun tetap saja sangat menyesatkan dan tidak akurat. Laporan menunjukkan bahwa, selama 2012, banyak orang memang menerima panggilan dari para tersangka pelaku penipuan dari nomor yang dimulai dengan 375 dan 371. Panggilan biasanya berbunyi sekali atau dua kali dan kemudian terputus. Dan memang benar bahwa 375 adalah kode negara untuk Belarus dan 371 adalah kode negara untuk Latvia. Tergantung pada lokasi mereka, mereka yang menghubungi nomor kembali mungkin dikenakan biaya panggilan internasional, sebagian dari yang dapat dibayarkan kepada scammers membuat panggilan tidak terjawab.

http://www.mid-day.com/news/2012/jun/130612-mumbai-Did-you-get-a-call-from-a-375-number.htm

Namun, klaim bahwa pengguna yang menghubungi nomor kembali akan dikenakan biaya $ 15 sampai $ 30 'secara otomatis' tidak berdasar. Klaim biaya $ 15 mungkin salah tafsir dari laporan yang menyatakan bahwa panggilan dikenakan biaya sebesar 15 rupee India (sekitar 26 sen USD).

http://www.gizbot.com/news/beware-do-not-respond-to-calls-from-375

Selain itu, klaim bahwa hanya memanggil nomor entah bagaimana akan ajaib memungkinkan penjahat untuk mencuri daftar kontak dan informasi keuangan dari telepon panggilan, dan ini klaim yang tidak benar. Untuk mencuri data tersebut, para penjahat harus melakukan Hacking dan Cracking pada telepon dengan beragam cara yang tidak akan kami sebutkan disini. Nah, logika ini jelas, akan membutuhkan lebih dari sekedar menelepon nomor telepon tertentu.

Dengan demikian, tampak bahwa spekulasi awal tentang tujuan dari panggilan telepon dan motif mereka yang menyebarkan informasi tanpa bertanggung jawab, telah memicu penyebaran informasi palsu dan menyesatkan. Lagi pula, ini adalah kesadaran sosial, jika memang tidak mempunyai kerabat di Latvia atau Afganistan, untuk apa peduli dengan panggilan telepon tersebut? Think smart.

Tambahan :

+371 benar adalah Kode Telepon LATVIA

+375 benar adalah Kode Telepon AFGANTISTAN dan BELARUS.

https://id.wikipedia.org/wiki/Latvia

https://id.wikipedia.org/wiki/Belarus

Untuk kroscek KODE TELEPON, silahkan cari di situs ini :

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kode_area_dunia

http://www.kode-telepon-negara.info/

http://countrycode.org/

CMIIW and Typo.
Sikapi dengan bijak, semoga bermanfaat.
Salam Internet Sehat!


PENTING dan PERLU (kabmalang.com)
Sumber : https://indonesianhoax.blogspot.co.id/2012/08/imbauan-panggilan-tidak-terjawab-dari-kode-telepon-375-371-afganistan-latvia-belarus.html

Herman H2o adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pemilik & Pengelola H2Omedia.

Terimakasih komentar yang diberikan
EmoticonEmoticon