pembuat template blogger khas indonesia, banner anti korupsi dan tutorial blogZoom by tHomBloG

Tuesday, May 26, 2015

Penyebab Hasil Uji Lab Beras Plastik Berbeda


mALANg rAYa


JAKARTA - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menjelaskan adanya perbedaan hasil uji laboratorium Sucofindo dengan Forensik Polri, BPOM, dan Kemendag terkait beras plastik.
Dalam uji laboratrium, hasil yang dikeluarkan Sucofindo adalah positif mengandung plastik. Namun, hasil yang dikeluarkan pihak pemerintah yakni Polri, BPOM, dan Kemendag, beras yang diteliti tidak mengandung plastik.
Badrodin mengatakan, berbedanya hasil uji tersebut disebabkan perbedaan interpretasi hasil analisis, khususnya pada analisis menggunakan metode QCMS.
"Di mana hasil analisis yang dikeluarkan Sucofindo adalah hasil analisis kualitatif tanpa dilakukan konfirmasi dengan menggunakan senyawa baku atau reference substance dari bahan plastik yang diduga terkandung di dalam sampel yang dianalisis. Itu kemungkinan pertama," ujar Badrodin dalam jumpa pers di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (26/5/2015).
Kemungkinan kedua, sambungnya, bisa terjadi karena adanya kontaminasi pada peralatan analisis yang digunakan dalam proses analisis. "Kemungkinan-kemungkinan itu bisa saja terjadi," ujarnya.
"Nah, apa tindakannya? Kami akan diskusikan dengan peneliti-peneliti di laboratorium masing-masing untuk bisa kita koordinasikan, apakah itu betul-betul satu hasil analisis. Karena metodenya sama, sampelnya sama, kok hasilnya beda. Ini tentu jadi pertanyaan bagi kami. Nanti akan kami diskusikan dengan para peneliti yang ada di lab," sambungnya.
Kepala BPOM Roy Sparingga menambahkan, dalam melakukan penelitian beras plastik, pihaknya menggunakan baku banding yang juga harus divalidasi prosesnya.
"Kami juga menguji kesetaraan substansi antara beras normal dan sampel tersebut kami bedakan. Kalau mengandung bahan plastik seperti yang dilaporkan di Sucofindo, kami juga menguji logam berat salah satu indikasi ini berhubungan erat, hasil sudah jelas tidak berbeda nyata antara beras sampel dan beras standar," terangnya. (fid)

Polri dan BPOM Pastikan Beras Plastik Tidak Ada


PENTING dan PERLU (mestimoco.com)
Sumber : http://news.okezone.com

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih komentar yang diberikan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More